Thursday, September 22, 2011

Konsep Dasar Psikologi & Implementasi terhadap Pendidikan


Oleh : Taufik Ginanjar (1000890)   Psikologi/FIP/UPI 
Konsep Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Berikut ini adalah definisi psikologi menurut para ahli :
-          Ernest Hilger (1957) dalam bukunya Introduction to Psychology:
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.
-          George A.Miller (1974:4) dalam bukunya Psychologi and Communication :
Psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku.
-          Caplin (Syah, 1997 / hal. 8) mendefinisikan psikologi sebagai “..... the science of human and animal behavior, the study of of the organisme in all its variety and complexity as it responds to the flux and flow of the physical and social events which make up the environment” (Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dan perubahan lingkungan).
-          Robert S. Woodworth & Marquis (1957:7 )
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktifitas atau tingkah laku individu dalam hubungan dengan alam sekitarnya.

Yang dimaksud dengan lingkungan antara lain, meliputi semua orang, gejala, keadaan, barang atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar manusia. Dalam konteks pendidikan, tentunya psikologi termasuk di dalamnya karena dalam kegiatan pendidikan sendiri ada aktivitas dan perilaku manusia.
Fungsi psikologi yang bisa diimplementasikan dalam kegiatan / perilaku manusia dalam pendidikan yaitu:
  • Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif                                                  
  • Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.                                                   
  • Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.
Psikologi Pendidikan
Sebelum menginjak pada Psikologi Pendidikan, penulis mencoba menjelaskan definisi pendidikan itu sendiri. Sehinga ada kaitannya psikologi dan pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Syah, 1997 / hal.10) Pendidikan berasal dari kata “didik”, yang mendapat awal me sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan                                                                                                    BBeri Berikut ini adalah beberapa definisi Psikologi pendidikan menurut beberapa pakar :
-          Tardif (Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
-          Jhon santrock (2004) Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan
-          Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar (Whiterington, 1982:10)
-          Taufik Ginanjar menyebutkan bahwa, Psikologi pendidikan adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam bidang pendidikan.

Kecenderungan peranan hidup anda, dipengaruhi faktor ekstern atau intern ?
Bagi penulis, faktor ekstern lebih dominan mempengaruhi hidup dan belajar. Sehingga penulis sejalan dengan konsep behavioristik dalam psikologi pendidikan.  Stimulus dari lingkungan, seperti keteladanan guru, support dan celaan dari teman, kondisi financial orangtua dan lainnya sangat mempengaruhi terhadap pola pikir. Pola pikir ini terefleksikan dalam sebuah perilaku kehidupan. Perilaku seseorang menunjukkan peranan hidupnya. Jadi, penulis lebih cenderung dengan faktor eksternal yang sangat bisa mempengaruhi peranan hidup dan pembelajaran seseorang.

Daftar Pustaka
Alex Sobur. 2009. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia                                                                  Santrock, W John. 2004. Educational Psychology: 2nd Edition. McGraw-Hill Company,inc. Sarwono Sarlito W. 2003.Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.